Panduan Cara Merawat Kucing Yang Terkena Diabetes



Diabetes adalah kelainan hormonal paling umum yang terjadi pada kucing. Hal ini bisa terjadi antara satu dari lima puluh kucing dan terus meningkat. Kucing yang malas dan kurang aktif dalam beraktifitas bisa beresiko terkena penyakit diabetes.


Tanda tanda  diabetes pada kucing.


Salah satu gejala yang terjadi pada kucing yang terkena penyakit diabetes adalah,dia lebih sering lapar dan lebih banyak makan, kucing juga lebih banyak meminum air serta frequensi buang air kecilnya lebih banyak daripada biasanya.

Cara yang paling umum untuk mengobati diabetes pada kucing adalah dengan suntikan insulin dua kali sehari yang di lakukan oleh dokter hewan. Atau anda juga bisa menitipkannya ke dokter hewan untuk di rawat selama beberapa hari, kemudian dokter akan mengecek darah secara rutin sambil tetap mengontrol glukosa darahnya dalam batas normal.

BACA JUGA:Apakah Kucing Juga Merasakan Rasa Sayang Kepada Pemiliknya

Penting jika kucing sudah pulang kerumah ajaklah dia untuk tetap beraktivitas, salah satunya adalah dengan cara mengajaknya rutin untuk bermain.

dan berikan makanan dalam jumblah yang teratur tapi jangan berlebihan atau kebanyakan pada waktu yang sama setiap hari secara terjadwal. Hal ini berguna untuk lebih mudah menstabilkan berat badan dan diabetes pada kucing.

Dalam beberapa kasus  kucing yang terjadi, ada saatnya kucing tidak membutuhkan suntikan insulin untuk mengatur kadar glokusa dalam darahnya.

Hal ini bisa terjadi jika kucing di beri makanan yang memiliki karbohidrat rendah, karena jenis makanan ini berguna untuk menurunkan kelebihan berat badan kucing.

Perlu di ketahui bahwa proses Pengurangan berta badan pada kucing  tidak bisa di lakukan secara instan tapi harus di lakukan  bertahap

Karena penurunan berat badan yang instan dapat menyebkan lipidosi hati bagi si kucing hingga dapat menyebabkannya sakit parah, latihan pengurangan berat badan kucing bisa di lakukan dengan mentargetkan kucing harus berkurang beratnya sekitar 1% perminggu.

Diabetes terjadi pada kucing akibat terlalu banyak di beri makan tanpa di kontrol, dan untuk menyembuhkan penyakit ini membutuhkan waktu,usaha serta komitmen dari pemilknya. Serta mengeluarkan biaya untuk perawatannya.
Dengan perawatan yang tepat insyallah kucing bisa sembuh dari diabetes dan dapat hidup normal seperti biasanya.

BACA JUGA: Mengenal Kucing Anggora Asal Persia Yang Suka Jadi Sahabat Manusia